Apa pusing gara-gara tekanan darah naik?

FD Info Penanya: FD, Wanita, 24 Tahun
Selamat sore dokTadi pagi saya tensi ayah saya dengab hasil 150/100 dan siangnya saya tensi lagi 140/100.Ayah saya dengan keadaan habis begadang kemaren dan hari ini sudah 2hari pusingnya dibagian tengkuk. Sudah dipakai tidur masih tetap pusing juga dok.Di rumah saya ada amplodipine, apakah dapat saya berikan dan jika boleh adakah obat pendamping karna ayah saya punya riwayat maag.Terimakasih dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam FD,

Keluhan pusing bisa disebabkan oleh hipertensi, kurang tidur, minum alkohol dan kafein, terlambat makan, infeksi telinga, dll. Pada kasus ayah Anda dimana tekanan darah diatas 120/80 maka menunjukkan tekanan darah yang meningkat dan dapat menimbulkan keluhan pusing, leher kaku.

Amlodipin adalah salah satu jenis obat penurun tekanan darah dengan sediaan 5 mg dan 10 mg, dimana dosis yang dipilih akan disesuaikan dengan kondisi tekanan darah ayah Anda. Sebaiknya bawa ayah Anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter agar bisa diberikan dosis yang sesuai.

Sementara untuk mengurangi pusing, bisa dilakukan :
  1. Minum paracetamol untuk mebbantu meredakan pusing.
  2. Kurangi makanan yang terlalu asin.
  3. Kurangi makanan berlemak.
  4. Cukup istirahat.
  5. Lakukan kompres air hangat pada bagian leher yang sakit.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mimisan posterior yang biasa terjadi pada orang dewasa, bisa disebabkan oleh kebiasaan mengupil terlalu keras.

Apa Saja Penyebab Mimisan pada Orang Dewasa?

Tak hanya terjadi pada anak-anak, mimisan juga bisa dialami orang dewasa, bahkan dengan kondisi lebih parah. Mimisan bisa menjadi hal yang umum terjadi, tapi dapat pula menjadi tanda dari kondisi yang serius.