Apa polip yang tumbuh lagi setelah operasi harus operasi ulang?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 33 Tahun
Halo dok mau tanya suami saya ada polip sudah dioperasi tapi sekarang polip nya ada lagi itu gimana ya dok apa harus operasi lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Polip adalah pertumbuhan jaringan lunak yang tidak menimbulkan rasa nyeri tetapi bisa mudah berdarah. Pertumbuhannya bisa di berbagai tempat di tubuh dimana yang tersering seperti pada hidung, polip rektum, polip usus, rahim, pulpa gigi dan beragam lokasi lainnya.

Pertumbuhan dan penyebab polip sendiri sering kali karena disebabkan peradangan yang menahun, infeksi berulang, efek obat tertentu, reaksi alergi dan beragam faktor lain. Untuk itu jika sebelumnya pernah mengalami polip dan sudah dilakukan operasi tetapi masih ada pemicu yang meningkatkan risiko tumbuhnya polip maka polip bisa kembali tumbuh.

Jika polip menimbulkan gejala, menganggu aktivitas, menimbulkan gangguan, perdarahan dan lainnya maka perlu kembali diperiksakan dan dilakukan penanganan salah satunya operasi ulang. Untuk itu penting juga mengelola dan menghindari faktor pemicu agar tidak kembali tumbuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tetapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

Hidung Tersumbat, tapi Tidak Pilek? Mungkin Anda Kena 7 Penyakit Ini

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau fiu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. 7 penyakit ini sebabkan hidung tersumbat tapi tidak pilek.