Apa perut sakit akibat operasi caesar?

HN Info Penanya: HN, Wanita, 27 Tahun
Hn.wanita.28tahunPagi dok. Mau tanga dok. 2 tahun lalu saya abis melahirka sc. Terus udah 3 4 bulan perut saya terasa sakit sampai kebelakang perut. Biasanya terasanya tiap malam. Tapi kok ini terasa sakit trus ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HN,

Operasi caesar merupakan operasi yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi dari dalam perut ibu, sedangkan perut sendiri memiliki berlapis-lapis otot yang tentunya membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhan secara total. Namun keluhan nyeri perut juga harus dibedakan dimana lokasi nyerinya, apakah berlangsung terus menerus atau hilang timbul, adakah keluhan lain yang menyertai seperti diare atau mual, apakah ada kondisi khusus yang memperberat rasa nyeri tersebut.

Beberapa contoh penyakit yang menimbulkan rasa nyeri pada perut dan bisa menjalar hingga ke pinggang seperti infeksi saluran kencing, endometriosis, batu ginjal, radang usus, kista ovarium, radang panggul, dll.

Karena keluhan sudah berlangsung lebih dari 3 bulan dan intensitasnya semakin sering maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut seperti pemeriksaan USG perut.

Untuk sementara waktu, Anda dapat mengompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat untuk membantu meredakan nyeri, perbanyak konsumsi air putih, dan hindari memijat bagian perut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai kondisi yang dapat menjadi penyebab anyang-anyangan

Mengenal Berbagai Penyebab Anyang-Anyangan dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda ingin buang air kecil terus-menerus, namun susah mengeluarkan urine maka bisa saja Anda mengalami anyang-anyangan. Terdapat berbagai kondisi yang dapat menjadi penyebab anyang-anyangan. Beberapa di antaranya bahkan disebabkan oleh penyakit tertentu.