Apa persiapan bila berkunjung ke daerah endemik malaria?

A Info Penanya: A, Wanita, 40 Tahun
Pagi dok, saya mau pergi liburan ke raja ampat. Katanya di sana banyak malaria ya? Saya harus minum obat tertentu gak ya? Atau ada minuman tertentu yang bisa mencegah penyakit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Daerah Papua terutama Raja Ampat memang terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga terkenal dengan malarianya, sehingga menjadikan Papua sebagai daerah endemik malaria. Agar malaria ini tidak merusak acara liburan Anda dan tidak menimbulkan penyakit ketika Anda selesai berlibur, maka Anda perlu waspada dan mengonsumsi obat sebelum melakukan perjalanan ke sana.

Kapan dan berapa lama obat diminum tergantung dari jenis obat yang Anda minum, dan apakah Anda sedang dalam kondisi hamil atau tidak. Berikut ini penjelasan singkatnya :

  1. Atovaquone/proguanil, cocok bagi Anda yang akan bepergian dalam waktu dekat karena obat bisa diminum 1-2 hari sebelum keberangkatan dan diminum sampai 7 hari setelah Anda kembali ke rumah.
  2. Doksisiklin, obat ini perlu diminum 1-2 hari sebelum keberangkatan hingga 4 minggu setelah Anda pulang.
  3. Meflokuin, obat ini aman untuk ibu hamil trimester kedua dan ketiga namun perlu dikonsumsi sejak 1 minggu sebelum keberangkatan hingga 4 minggu setelah Anda pulang.
  4. Klorokuin, obat ini aman untuk semua ibu hamil, dan cukup dikonsumsi 1 kali setiap minggunya sejak 2 minggu sebelum keberangkatan hingga 4 minggu setelah kembali.
  5. Primakuin, obat ini dikonsumsi 1-2 hari sebelum Anda pergi hingga 7 hari setelah Anda pulang.

Tindakan preventif dengan meminum obat-obat diatas hanya bertujuan agar bila Anda sampai terserang malaria, maka keluhan yang muncul tidak terlalu parah, bukan berarti setelah meminum obat-obat tersebut maka Anda akan langsung terbebas dari malaria. Sehingga selama di sana, Anda tetap perlu menghindari gigitan nyamuk dengan cara menggunakan repelent, pakai baju dengan lengan panjang serta celana panjang, menyemprot kamar sebelum Anda tidur, serta makan dan tidur secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Untuk informasi dan pemilihan obat yang tepat, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda boleh mengoleskan lotion anti nyamuk untuk bayi jika ia sudah berusia di atas 2 bulan

Kapan Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi Boleh Diberikan?

Salah satu cara agar bayi Anda tidak digigit nyamuk adalah dengan mengoleskan antinyamuk. Lotion anti nyamuk untuk bayi sah-sah saja digunakan bayi berusia di atas 2 bulan.