Apa perbedaan VCO dengan minyak goreng biasa?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter, kemarin saya habis check up dan ternyata kolesterol saya cukup tinggi. Saya disarankan untuk mengonsumsi VCO dari pada minyak biasa, Apa bedanya ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak yang berasal dari kelapa dan tidak diproses secara berlebih. Pembuatan VCO dilakukan secara cold-pressed, yaitu memeras secara sangat lembut sehingga minyak tidak kehilangan zat gizinya. Salah satu kandungan gizi VCO adalah MCT (Medium Chain Triglycerides) yang dapat memicu produksi kolesterol baik HDL dalam tubuh. Selain itu, VCO juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu membantu mencegah peradangan.

VCO berbeda dengan minyak yang biasa digunakan masyarakat. Minyak kelapa sawit memiliki lebih banyak lemak jenuh atau lemak trans, yang bisa memicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Apalagi kalau dipakai berkali-kali, rantai lemak pada minyak kelapa sawit akan semakin jenuh dan berbahaya bagi kesehatan.

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, memang benar bagi seseorang dengan kadar kolesterol tinggi lebih disarankan menggunakan VCO ketimbang minyak kelapa sawit karena alasan-alasan yang telah disebutkan di atas. Tetapi, pastikan juga lakukan pola hidup sehat secara menyeluruh agar kolesterol bisa turun, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan rutin berolahraga ya. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber asam folat lainnya dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pepaya, jeruk, jeruk bali merah, dan stroberi

7 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Membantu Pertumbuhan Janin

Asam folat dikenal sebagai nutrisi penting yang dapat membantu pertumbuhan janin. Asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Beberapa makanan yang mengandung asam folat antara lain biji bunga matahari, sayur-sayuran hijau, brokoli, dan alpukat.