Apa perbedaan tipes dan DBD?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dokter, banyak yang bilang sama. Bagaimana sih melihat perbedaan gejala tipes dan juga dbd?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus Dengue, yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Sedangkan demam tifoid atau tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi, yang ditularkan melalui makanan.

Perbedaan pola demam pada penyakit demam berdarah (DBD) dengan penyakit tipes (demam tifoid). Demam berdarah atau DBD ditandai dengan demam tinggi (suhu antara 39-40 derajat Celcius) yang muncul secara mendadak, demam bisa berlangsung sampai 5-7 hari dan terjadi secara terus menerus.

Pada tifoid, demam akan muncul secara bertahap. Saat gejala awal muncul, suhu tubuh bisa normal atau rendah, lalu akan naik secara perlahan setiap hari, dan bisa mencapai 40 derajat Celcius.

Gejala khas pada demam berdarah dengue adalah perdarahan, seperti mimisan, gusi berdarah, menstruasi yang lebih panjang atau lebih banyak, BAB berdarah, atau muntah darah. Sedangkan pada tipes muncul gangguan saluran pencernaan, seperti sembelit atau diare, rasa tidak nyaman di perut, hingga nyeri perut.

Untuk mencegah DBD Anda dapat menggunakan lotion anti nyamuk, rajin membersihkan lingkungan, menguras bak mandi, serta menutup tempat penampungan air. Sedangkan untuk mencegah tipes Anda dapat menjaga kebersihan diri dan asupan makanan atau minuman, yaitu dengan mencuci tangan sebelum makan, mencuci bahan makanan hingga bersih, serta mengonsumsi air matang atau air kemasan yang terjamin kebersihannya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Periksa pakaian dan genangan air, jangan sampai nyamuk aedes aegepty berkembang biak

Musim Hujan Datang, Awas Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD)!

Selain memeriksa genangan air dan mendapat vaksin, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah berikut ini supaya Anda dan keluarga terhindar dari bahaya DBD yang mengintai di musim hujan ini.