Apa perbedaan tes ABVS dengan Mammogram?

EK Info Penanya: EK
Apa perbedaan tes ABVS dengan Mammogram?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore EK,

Automated Breast Volume Scanner (ABVS) dan mamografi, keduanya merupakan pemeriksaan pada payudara yang bertujuan untuk melihat adanya benjolan kecil pada payudara yang biasanya belum teraba saat melakukan pemeriksaan fisik pada payudara, sehingga pemeriksaan ini seringkali dipakai untuk deteksi dini adanya tumor pada payudara.

Sekarang akan saya jelaskan perbedaannya dimana pada pemeriksaan mamografi, payudara akan dijepit diantara 2 piringan plastik kemudian dilakukan pemindaian menggunakan sinar x ray, sehingga tentunya ada bahaya dari radiasi dan akan menimbulkan rasa nyeri ketika payudara dijepit. Pada wanita dibawah usia 35 tahun dimana payudara masih padat dan kencang seringkali terasa nyeri jika dilakukan pemeriksaan mamografi.

Sedangkan pada pemeriksaan ABVS dimana menggunakan alat USG yang sudah dilengkapi dengan doppler, tentunya tidak ada bahaya sinar radiasi dan tidak terasa nyeri karena payudara tidak perlu dijepit, selain itu gambaran pada ABVS berupa gambaran 3 dimensi dan dapat dipotong berupa lapisan-lapisan dengan ketebalan 0,5 mm sehingga benjolan kecil pun akan tetap terdeteksi. Dan adanya doppler yang mampu melihat aliran darah maka bisa dibedakan antara tumor jinak atau tumor ganas bila ditemukan benjolan pada pemeriksaan.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Benjolan pada payudara adalah salah satu tanda dari kanker payudara, walaupun tidak selalu kanker

Ini Ciri Benjolan pada Payudara yang Merupakan Tanda Kanker

Benjolan pada payudara adalah salah satu tanda dari kanker payudara. Namun, tidak semuanya adalah tanda kanker. Benjolan pada payudara juga bisa disebabkan oleh pertumbuhan kista atau adanya infeksi pada payudara.