Apa perbedaan pembalut biasa dengan pembalut nifas?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok, saya saat ini sedang memasuki masa nifas. Banyak ibu-ibu lainnya yang merekomendasikan saya untuk menggunakan pembalut nifas. Sebaiknya pakai yang seperti apa ya dok? Bedanya apa sama pembalut biasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FF.

Masa nifas adalah masa setelah seorang perempuan melahirkan sampai 6 minggu kemudian. Saat masa nifas, organ-organ yang mengalami perubahan ketika hamil akan kembali ke bentuk semula yang salah satunya adalah rahim. Rahim akan mengeluarkan sisa darah yang berasal dari lapisan yang menebal selama kehamilan.

Biasanya, darah nifas akan berwarna merah terang, menjadi cokelat tua, lalu menjadi cokelat muda sebelum akhirnya menghilang. Darah nifas akan keluar dari vagina, tetapi dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang saat haid.

Oleh karena itu, saat nifas diperlukan pembalut khusus agar celana dalam tidak dipenuhi dengan darah tersebut. Pembalut nifas dirancang lebih panjang dan lebih tebal daripada pembalut biasa, sehingga bisa menyerap banyak darah dengan lebih baik. Biasanya, pembalut nifas juga memiliki lapisan atas yang lembut, mengingat ibu sering mengalami jahitan vagina pascapersalinan. 

Nah, ketika Anda sedang mengalami masa nifas, jangan lupa untuk rajin mengganti pembalut ya agar vagina tidak terlalu lembab dan tetap terjaga kebersihannya. Jika ada yang ingin diketahui lebih lanjut, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.