Apa perbedaan obat valsartan dan pladogrel?

AF Info Penanya: AF
Pagi dok. Mau tanya, papa saya dapet obat stroke dari rumah sakit yaitu pladogrel dan valsartan. Bedanya apa dokter? saya cek di google sama2 untuk stroke.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Valsartan adalah obat anti hipertensi golongan ARB (angiotensin receptor blocker) yang bertujuan untuk mengatur tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah turun dan beban jantung menjadi berkurang sehingga menurunkan resiko gagal jantung ataupun gagal ginjal. Walaupun obat ini dapat digunakan pada kondisi gagal ginjal, tetapi berpotensi juga menimbulkan gangguan ginjal dengan cara meningkatkan kadar serum kreatinin ataupun kadar urea dalam darah.

Pladogrel adalah obat yang mengandung clopidogrel.

Biasanya digunakan untuk pengobatan atherosklerosis pada pasien dengan serangan jantung koroner dan stroke iskemik. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi kekentalan dalam darah dan mengurangi pembekuan darah sehingga dapat mencegah resiko terjadinya serangan jantung dan stroke iskemik.

Kedua obat diatas merupakan obat-obatan yang sering diberikan oleh dokter untuk pasien-pasien dengan kondisi stroke, gagal jantung, ataupun gagal ginjal. Tetapi, dalam mengonsumsinya harus tetap diperhatikan dosisnya. Untuk itu, alangkah baiknya, jika berkonsultasi dulu ke dokter spesialis penyakit dalam mengenai aturan pakai obat-obatan diatas. Kedua obat diatas juga dapat dikonsumsi secara bersamaan oleh ayah Anda yang mengalami stroke.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terputusnya peredaran darah ke otak menyebabkan stroke ringan yang dapat berkembang menjadi stroke

Seusai Stroke Ringan: Cara Mengobati Stroke Ringan

Stroke ringan bisa disembuhkan! Cara mengobati stroke ringan meliputi pengobatan dan pergantian pola hidup. Apa yang harus dilakukan seusai stroke ringan?