Apa perbedaan migrain anak-anak dan orang dewasa?

AR Info Penanya: AR
Dokter, saya mau bertanya apakah anak-anak bisa mengalami migrain? Adakah bedanya migrain anak-anak dan orang dewasa? Mohon penjelasannya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AR,

Migrain adalah salah satu sakit kepala yang umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja tidak mengenal usia. Baik pada anak atau dewasa gejala migrain bisa beragam tetapi yang utama adalah menimbulkan sakit kepala pada satu sisi ataupun kedua sisi kepala. Sakit kepala yang timbul bisa diawali dengan aura atau keluhan yang berkaitan dengan panca indera seperti melihat cahaya silau, mencium bau khas, mendengar suara atau berdenging, ataupun juga bisa tanpa aura.

Gejala migrain juga bisa disertai dengan mual, muntah, sakit perut, merasa kesemutan pada anggota tubuh, pada anak bisa menjadi lebih rewel, anak sulit konsentrasi, ataupun merasa penglihatannya kabur. Penyebab migrain sendiri bisa karena anak terlalu lelah, anak mengalami stres, anak terlalu lama menggunakan gadget ataupun penyebab lainnya.

Untuk mengatasi migrain sendiri baik pada anak dan dewasa dapat dilakukan dengan cukup beristirahat, jangan terlalu lelah, batasi penggunaan gadget, hindari stres, bisa juga mengonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol, dan upayakan berada di ruangan yang sejuk. Jika keluhan sering kali timbul, periksakan anak pada dokter anak untuk memastikan penyebabnya. Atau jika anak mengalami sakit kepala hebat, pingsan, muntah-muntah, kejang atau demam maka perlu segera dibawa ke rumah sakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.