05 Aug 2021, 22:35Infeksi

Apa perbedaan kejang dan epilepsi?

AF
Info Penanya: AF0
Selamat malam Dok, terkadang setiap demam tinggi anak saya suka kejang. Apakah ini hanya sekedar kejang atau epilepsi? Apa perbedaan kejang dan epilepsi?
130 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AF,Demam adalah suatu reaksi yang diberikan tubuh untuk menandakan adanya infeksi di dalam tubuh, infeksi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau infeksi virus. Namun pada anak kecil dibawah usia 5 tahun, kondisi demam tinggi yang berlebihan seringkali akan menimbulkan kejang. Dan perlu diketahui bahwa kejang bukanlah sekedar kejang hal yang bisa disepelekan karena akan membawa dampak kerusakan pada otak. Jadi baik kejang demam atau kejang akibat epilepsi adalah suatu kegawatan.Kejang yang disertai demam sebelumnya disebut dengan kejang demam dan hanya terjadi saat anak dalam kondisi demam tinggi. Sedangkan pada epilepsi maka anak bisa kejang mendadak meski tidak dalam kondisi demam. Namun keduanya tetap butuh penanganan segera, karena semakin lama kejangnya maka akan semakin rusak pula otaknya.

Penanganan terhadap kejang demam:

  • Pastikan berikan paracetamol jika anak sedang demam, jangan menunggu hingga kejang.
  • Jika anak Anda memiliki riwayat kejang, maka sediakan diazepam per rektal yang bisa dimasukkan ke dubur sewaktu-waktu anak kejang sebagai pertolongan pertama. Simpan diazepam ini di kulkas.
  • Kompres anak menggunakan air hangat untuk membantu menurunkan demamnya.
  • Jika anak kejang, hindari memberi minum dan segera diberi diazepam per rektal atau segera dibawa ke klinik atau Rumah Sakit terdekat. Posisikan anak miring agar jangan sampai tersedak jika sewaktu-waktu muntah.
Lakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk memastikan kondisi anak Anda.Salam sehat,dr. Vina
demamepilepsikejang demam
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil