Apa perbedaan kebiri kimia dengan vasektomi?

S Info Penanya: S, Wanita, 39 Tahun
Hai dokter, boleh diinfokah apa sih perbedaannya kebiri kimia dengan vasektomi? Itu berbahaya kah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R.

Vasektomi adalah salah satu jenis kontrasepsi mantap atau permanen yang dilakukan pada pria dengan pemotongan saluran sperma atau yang disebut dengan vas deferens melalui prosedur pembedahan. Keadaan tersebut membuat sperma tidak dapat keluar lagi bersama air mani saat pria mengalami ejakulasi, sehingga tidak akan dapat membuahi sel telur.

Sedangkan kebiri kimia adalah prosedur medis tertentu yang tidak mengubah alat kelamin pria secara fisik, namun melemahkan hormon testosteron pada pria melalui upaya menurunkan kadar hormon androgen dalam aliran darah seorang pria. Keadaan tersebut umumnya dapat mengurangi hasrat seksual pada pria. Prosedur dari kebiri kimia sendiri dilakukan dengan menyuntikan atau memberikan pil secara oral, yang mengandung obat antiandrogen. 

Berdasarkan pengertian dari kedua tindakan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa vasektomi dan kebiri kimia berbeda, dengan letak perbedaan yang mendasar pada fungsi seksualnya, dimana vasektomi masih dapat melakukan hubungan seksual dengan baik, tanpa adanya impotensi, gangguan ejakulasi atau orgasme. Sedangkan pada kebiri kimia, seorang pria akan dapat mengalami disfungsi seksual. Selain itu, perbedaannya juga terletak pada jangka waktu efek dari kedua tindakan tersebut yakni, vasektomi yang bersifat permanen dan kebiri kimia yang hanya bertahan selama kurang lebih enam bulan. Setelah efek dari kimia yang diberikan hilang, maka fungsi organ seksual pria tersebut dapat kembali seperti sedia kala.

Terkait dengan pertanyaan Anda, kebiri kimia meskipun relatif aman digunakan tetapi tetap dapat memberikan efek samping berkepanjangan. 

Adapun beberapa efek samping kebiri kimia yang meliputi :

  • osteoporosis
  • kehilangan masa otot
  • penimbunan lemak tubuh

Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Spesialis Andrologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab kulit penis kering dapat berupa infeksi jamur

Kenali Penyebab Kulit Penis Kering yang Membuat Kaum Pria Tidak Nyaman

Kulit penis kering tentu membuat kaum pria tidak nyaman. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur, penyakit kulit tertentu, hingga kebiasaan yang tak sehat.