Apa perbedaan diet ketogenik dan diet ketofastosis?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dok, salam kenal. Saya Rizki mau tanya terkait diet ketogenik dan diet ketofastosis itu apa bedanya ya. Soalnya namanya mirip-mirip. Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Diet merupakan cara untuk menurunkan berat badan.

Cara diet memang ada berbagai macam.

  1. Diet ketogenik
    Jika pada umumnya diet menghindari lemak, diet ketogenik justru meningkatkan asupan tinggi lemak, protein sedang dan rendah karbohidrat. Sehingga diharapkan kalori yang masuk yaitu sekitar 70%-75% dari lemak, 20% dari protein dan 5% dari karbohidrat. Dalam kondisi kekurangan karbohidrat tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan sumber energi. Kondisi ini disebut ketosis, yaitu kondisi dimana seseorang tidak mengkonsumsi atau mengkonsumsi sedikit karbohidrat.
  2. Diet ketofastosis
    Merupakan gabungan dari diet ketogenik dan fastosis. Fastosis sendiri adalah fasting on ketosis yang artinya puasa dalam keadaan ketosis, yang lama puasanya antara 6-12 jam, bisa juga lebih tergantung kondisi tubuh masing-masing individu

Pada dasarnya tidak ada cara cepat untuk menurunkan berat badan secara sehat. Namun menerapkan pola gaya hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan gizi seimbang dan rutin berolahraga akan membantu menurunkan berat badan Anda secara sehat.

Namun jika Anda ingin menggunakan 2 metode diet ini, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memutuskan diet mana yang cocok untuk Anda. Karena diet ketogenik dan ketofastosis ini lebih cocok dilakukan oleh seseorang yang memiliki riwayat kesehatan normal dan memiliki riwayat kesehatan gula darah dan kolesterol yang baik.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan yogurt untuk diet harus dilakukan dengan hati-hati

Makan Yogurt untuk Diet, Cara Lezat Dapatkan Tubuh Ideal

Mengonsumsi yogurt untuk diet merupakan salah satu dari sekian banyak cara menurunkan berat badan yang dianggap ampuh. Anda bisa mengolah yogurt menjadi berbagai sajian yang tetap lezat, sambil mencapai berat badan ideal.