Apa perbedaan cegukan dan tendangan janin?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Halo, dokter! Saat ini saya sedang hamil, boleh diinfo kah kira-kira apasih perbedaannya cegukan dan tendangan janin? Kadang saya bingung soalnya. Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Tendangan janin dan cegukan merupakan suatu respon dari janin di dalam kandungan. Kondisi ini bisa dirasakan oleh calon ibu di usia kehamilan 16-20 minggu. Semakin besar janin, maka akan semakin terasa setiap aktivitas janin di dalam perut. 

Namun, perlu diketahui bahwa cegukan dan tendangan janin merupakan hal yang berbeda. Pada cegukan, biasanya akan terasa pergerakan yang lebih beritme dan kedutan seperti kejang otot. Sedangkan tendangan janin, cenderung tidak beritme. Lalu dari segi posisi, cegukan hanya timbul di salah satu area perut saja, sedangkan tendangan janin dirasakan berpindah-pindah dan akan berhenti ketika calon ibu mengubah posisi tubuhnya. 

Cegukan merupakan hal yang normal. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika janin Anda mengalami cegukan. Biasanya akan hilang di minggu ke 32 masa kehamilan. Cegukan dan tendangan bayi dipengaruhi oleh faktor makanan yang dimakan oleh calon ibu, aktivitas ibu, berat badan ibu, dll. Lama kelamaan, Anda akan bisa mengenali perbedaan dari cegukan dan tendangan janin. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi