25 Sep 2020, 14:13Psikologi

Apa perbedaan bipolar disorder dengan orang gangguan jiwa?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, akhir-akhir ini suka muncul pemberitaan soal orang yang bipolar. Katanya orang yang bipolar itu suka marah-marah ya dok? Apa perbedaan orang gangguan jiwa dengan bipolar disoder?
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang L,Bipolar disorder adalah salah satu gangguan mental yang mana suasana hati bisa mendadak berubah sewaktu-waktu, sebentar riang gembira, sebentar menjadi sangat sedih dan mudah menangis.

Terdapat 2 kondisi gangguan bipolar yakni:

  • Fase manik. Saat mengalami fase ini maka penderitanya akan merasa sangat bersemangat, bisa melakukan berbagai pekerjaan tanpa merasa lelah sedikitpun, dan merasa sangat bahagia.
  • Fase depresi. Fase yang mana penderitanya merasa sangat sedih, mudah marah, uring-uringan, mendadak menangis tanpa sebab yang jelas.
Dan kedua fase di atas seringkali terjadi secara bergantian tanpa sebab yang jelas dan tentunya penderita juga tidak menyadarinya.Sedangkan gangguan jiwa adalah gangguan yang mana mental seseorang menjadi labil dan tidak bisa beradaptasi dengan masalah yang ada. Gangguan jiwa ini merupakan kelompok besar untuk menggambarkan adanya kelainan mental pada diri seseorang dan diperlukan bantuan psikiater untuk mengenali gangguan jiwa apa yang Anda alami, apakah memang gangguan bipolar, depresi, kepribadian ganda, dll.Cobalah berbagi cerita dengan orang lain untuk meringankan beban pikiran Anda, karena setiap masalah yang semakin dipendam akan semakin buruk. Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengontrol emosi Anda yang mudah marah. Dan tetap sebaiknya lakukan konseling dengan psikiater untuk menangani masalah Anda.Salam sehat,dr. Vina
bipolargangguan mentalpenyakit kejiwaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil