10 Sep 2021, 12:34Psikologi

apa perbedaan baby blues dan postpartum depression?

E
Info Penanya: E0
Dokter, saya sangat stres selama 4 hari ketika anak baru lahir. Sekarang anak saya sudah 3 bulan, tapi saya mengalami stres yang sama seperti dulu. Banyak yang bilang ini gejala baby blues, tapi juga ada yang bisa postpartum depression. Apa perbedaan baby blues dan postpartum depression?
77 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Baby blues adalah perubahan suasana hati, cemas, dan kelelahan yang sering terjadi setelah melahirkan dan masih tergolong ringan. Keluhan umumnya terjadi 1-2 hari setelah melahirkan dan akan berkurang hingga menghilang dalam waktu 14 hari dengan durasi setiap harinya adalah beberapa menit hingga beberapa jam.

Perbedaan baby blues dan postpartum depression

Perbedaan baby blues dan depresi pasca melahirkan adalah 
  • Sindrom baby blues menyebabkan perubahan suasana hati yang sangat drastis misalnya dari senang ke sedih hanya dalam hitungan menit. Merasa tidak nafsu makan atau enggan merawat diri sendiri karena faktor kelelahan. Namun pada sindrom baby blues, ibu masih mau merawat bayi.
  • Pada depresi pascamelahirkan ibu akan muncul rasa stres, sedih, tidak berguna, merasa di luar kendali, merasa bukan ibu yang baik, dan sering menangis karena merasa tidak berdaya. Tidak nafsu makan disertai kecenderungan mengucilkan diri sepanjang waktu karena merasa sangat putus asa. Serta menolak untuk merawat bayi karena dihantui rasa bersalah maupun kepanikan yang datang tiba-tiba.
Jika saat ini sudah 3 bulan artinya yang Anda alami sudah bukan baby blues, namun jika Keluhan Anda hanya perasaan sedih dan masih mau merawat bayi Anda artinya keluhan juga bukan postpartum depression. Sepertinya Anda hanya stres dan kelelahan biasa dan untuk mengatasinya, boleh lakukan refreshing atau liburan tanpa anak, anak bisa dititipkan pada orangtua anda jika memang sejenak dapat meringankan beban Anda. Lakukan juga konsultasi ke psikiater jika keluhan dirasa tidak mampu diatasi sendirian.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kehidupan pasca melahirkandepresi pascapersalinanbaby blues
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil