07 Jan 2020, 11:56Penyakit Lainnya

Apa perbedaan anak aktif dengan hiperaktif?

NB
Info Penanya: NB, Wanita, 29 Tahun
Halo dokter, saya ibu baru, berusia 27 tahun. Anak saya aktif sekali, sampai-sampai ada beberapa yang curiga anak saya hiperaktif. Sebenarnya apa bedanya anak aktif dan hiperaktif ya, dokter? Terima kasih untuk jawabannya
66984 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat siang, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Hiperaktif adalah suatu kondisi yang dialami anak-anak yang menunjukan perilaku tidak bisa diam. Kondisi ini termasuk bagian dari ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Ciri-ciri anak hiperaktif yaitu kesulitan dalam berkonsentrasi, kesulitan dalam mengingat informasi, rentang perhatian sangat pendek, dan impulsif. Anak yang aktif dan hiperaktif merupakan kondisi yang berbeda. Apa saja perbedaannya?

Perbedaan anak aktif dan hiperaktif:

  • Fokus dan perhatian. Anak yang aktif cenderung dapat fokus terhadap satu perhatian, walaupun terkadang mudah teralih terhadap hal-hal yang lebih membuatnya menarik. Itu merupakan hal yang wajar. Sedangkan anak yang hiperaktif tidak akan pernah focus terhadap suatu hal entah itu mainan atau benda.
  • Cara berbicara. Pada anak yang aktif, akan lebih mudah untuk diajak berbicara dan menangkap kosakata yang diajarkan kepadanya. Sedangkan pada anak yang aktif, cenderung akan berbicara dengan tempo yang cepat dan volume yang tinggi sehingga membuat anak hiperaktif suka menginterupsi dan menyela pembicaraan orang lain.
  • Keadaan hati dan perasaan. Anak yang aktif akan mudah menjaga perasaannya dan tidak akan mudah untuk menangis kecuali dalam keadaan marah, sedih ataupun kesal. Sedangkan pada anak yang hiperaktif, perasaannya lebih sensitif terhadap hal apapun. Mudah menangis atau merengek.
  • Pergaulan dan hubungan sosial. Pada anak yang aktif, akan mudah diterima di pergaulannya karena cenderung lebih sabar dan mau mengalah. Sedangkan pada anak hiperaktif, sifat sabar dan mengalah tidak ada sehingga ia cenderung tidak suka berbagi mainan dengan teman-temannya.
  • Rasa lelah. Pada anak yang aktif, jika merasa lelah, mereka akan tidur dan beristirahat. Sedangkan pada anak hiperaktif tidak mengenal rasa lelah. Mereka cenderung sedikit waktu untuk beristirahat atau tidur.
Untuk itu sebagai orangtua, harus mengetehaui apakah anak Anda termasuk anak yang aktif ataukah hiperaktif. Karena untuk mengatasi anak yang hiperaktif dibutuhkan perhatian yang lebih dari orangtuanya dan dibutuhkan terapi khusus untuk mengobatinya. Untuk itu, saya sarankan untuk Anda berkonsultasi ke dokter spesialis anak mengenai kondisi anak Anda ini agar Anda mengetahui cara menanganinya.Salam sehat,dr. Ester
tumbuh kembang anakadhdgangguan hiperaktivitas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil