Haid tidak teratur pasca lepas pil KB, lalu perdarahan, apakah tanda hamil ?

DW Info Penanya: DW
Pagi dok, Sya mau nanya biasanya saya haid di akhir bulan, tapi setalah saya lepas minum pil KB di tgl 10 Agustus kmrin, tiba2 sya haid di tgl 15nya setelah berhubungan intim, sekitar 2 hari sya haid, setelah itu aman kalo berhubungan tidak ada keluar darah tapi kmrin tgl 8 September sya berhubungan lagi ada lagi keluar darah seperti haid tp tidak bnyak,, Itu kenapa ya dok, apakah memang menjelang waktunya haid atau itu tanda2 kehamilan, atau ada penyebab lain? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DW.

Haid tidak teratur merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor penyebab. Salah satunya ialah penggunaan KB jenis hormonal seperti pil KB. Pasalnya pada KB hormonal, upaya penekanan peluang kehamilan dilakukan dengan cara mengubah cara kerja dan fungsi hormon pengatur siklus haid. Maka dapat terjadi efek samping ketidakseimbangan hormon.

Keadaan tidak seimbang pada hormon tersebut umumnya memberikan gejala gangguan haid yang dapat berupa keterlambatan, flek diluar siklus haid, volume darah yang menajadi lebih banyah atau lama periode haid yang memanjang, hingga sama sekali tidak mengalami haid.

Adapun pertanyaan Anda mengenai keadaan perdarahan setelah berhubungan intim mungkin terjadi karena gangguan haid, dapat pula terjadi karena keadaan yang disebut dengan post coital bleeding. 

Adapun berbagai faktor penyebabnya yang meliputi :

  • infeksi
  • vagina kering 
  • vagina terkoyak
  • penyakit pada alat reproduksi wanita seperti polip rahim
  • dan lain-lainnya

Sedangkan mengenai kehamilan, umumnya perdarahan yang dialami terjadi setelah 6-12 hari pasca pembuahan atau hubungan intim.  Berikut artikel terkait perdarahan implantasi sebagai informasi tambahan untuk Anda.

Untuk memastikan jenis perdarahan yang Anda alami, cobalah menunggu siklus haid selanjutnya. Jika ada keterlambatan haid selama minimal 10 hari maka Anda dapat mencoba melakukan test pack. Apabila perdarahan pasca berhubungan masih sering dialami, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan.

Mual Setelah 3 Hari Berhubungan, Apa Penyebabnya?

Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan. Sebab, ada berbagai macam kondisi medis yang bisa menyebabkan mual setelah 3 hari berhubungan.