Terlambat haid dan flek setelah berhubungan, apakah bisa hamil?

BB Info Penanya: BB, Wanita, 26 Tahun
Slamat pagi dok saya terakhir haid tgl 16 april haid selama 5 hari dan sekitar tgl 20an saya melakukan hubungan dan tgl 29 saya mengalami flek merah muda namun berlangsung hanya sehari dan sampai saat ini saya belum haid namun saat di test pack hasilnya negative. Apa penyebabnya ini dok? Atau kemungkinan saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BB

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus menstruasi wanita yang normal adalah 21-35 hari dan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Cara untuk menghitung siklus adalah hari pertama menstruasi terakhir sampai hari pertama menstruasi kembali pada bulan berikutnya. Selain karena kehamilan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terlambatnya menstruasi.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terlambat menstruasi adalah:

Perdarahan setelah berhubungan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya luka pada organ kewanitaan setelah melakukan hubungan seksual, spotting atau perdarahan sisa dari siklus menstruasi sebelumnya atau karena kondisi medis yang lainnya.

Selain itu, pada awal kehamilan juga bisa muncul ebrcak perdarahan yng disebut dengan perdarahan implantasi. Perdarahan ini muncul karena janin menempel pada dinding rahim. Biasnya terjadi 6 - 12 hari setelah berhubungan, dan berlangsung hanya beberapa jam saja atau paling lama 3 hari. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, bila suddah melakukan tes dan hasilnya negatif, Anda bisa melakukan tes kehamilan kembali dengan jeda 1 minggu kemudian. Bila Anda ragu-ragu dengan hasilnya, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan USG.

Usahakan tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuahan cairan, isitirahat cukup, hindari stres dan jaga keberisihan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.