Apa penyebabnya nyeri ulu hati dan cara mengobatinya

SU Info Penanya: SU, Pria, 44 Tahun
Dok, ulu hati saya sering terasa seperti menghisap, kadang dada agak nyeri, tenggorokan terasa gatal, bikin napas kadang terganggu. Saya ada sakit asam lambung dan penyempitan pembuluh jantung. Saya udah ikuti saran dokter, yaitu tidak makan nasi, garam dan bahan penyedap lainnya. Pantangan untuk asam lambung juga saya ikuti. Gejala ini kadang muncul. Gimana supaya gejala ini tidak timbul lagi? Mohon petunjuk dari dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam S,

Nyeri ulu hati adalah keluhan yang bisa terjadi dirasakan seperti rasa perih, dada terasa panas atau terbakar (heartburn), rasa seperti ditusuk, nyeri dan juga bisa disertai rasa sesak atau napas tidak lega, mual, muntah ataupun rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Penyebab nyeri ulu hati sendiri bsia beragam, diantaranya adalah:

  • Pengaruh gaya hidup seperti pola makan yang tidak teratur dan hanya 1-2 kali sehari
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengiritasi seperti makanan pedas, asam, santan, minuman berkafein seperti kopi, teh, soda dan lainnya
  • Masalah saluran pencernaan seperti penyakit asam lambung atau GERD
  • Maag
  • Iritasi usus seperti irritable bowel syndrome
  • Masalah organ lain seperti gangguan jantung, gangguan pankreas ataupun gangguan saluran empedu

Rasa nyeri tidak jarang juga bisa dipicu karena kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan merokok, mengonsumsi obat anti nyeri, dan bisa karena masalah psikologis seperti misalnya sering mengalami stres, cemas ataupun panik.

Apabila sering kali merasakan keluhan tersebut, perlu memperbaiki gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Upayakan minum obat pereda asam lambung seperti obat antasida 3 kali sehari sebelum makan, makan lebih teratur dan hindari pantangan makan, minum air putih lebih banyak dan periksakan pada dokter jika keluhan tidak juga membaik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri dada yang terjadi secara tiba-tiba dan menjalar ke area lain merupakan gejala unstable angina

Nyeri Dada Muncul TIba-tiba? Waspada Unstable Angina

Unstable angina mungkin terdengar asing di telinga. Orang Indonesia menyebutnya angin duduk, yaitu rasa nyeri yang muncul tiba-tiba di area dada dan menjalar hingga ke bahu, leher, punggung, dan lengan.