Apa penyebabnya bintik bintik di dalam kelopak mata?

AS Info Penanya: AS, Pria, 19 Tahun
Dengan saya yang bernama AureliaBolehkah saya tanya kpda dokter dengan gejala yang dialami oleh adik saya?uda beberapa hari bintik itu tumbuh 1 biji lama klamaan itu ada 3 bintik di dalam klopak mata adek sayabiasanya itu apa penyebabnya ya dok..maaf brtnya,,apakah gejala itu parah?tolong bantu adek saya dok takutnya ada infeksi mata
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Bintik yang Anda maksud disini mungkin berupa seperti benjolan. Benjolan pada kelopak mata adalah suatu kondisi dimana menandakan terjadi infeksi pada kelopak mata. Benjolan tersebut dapat berupa bintitan atau hordeolum dan kalazion. Biasanya letaknya di pinggir kelopak mata atau di tepi kelopak mata.

Hordeolum adalah benjolan di kelopak mata yang berbentuk seperti jerawat dan terasa sakit. Penyebabnya adalah karena infeksi kelenjar minyak pada kelopak mata oleh bakteri. Penanganannya dengan pemberian obat tetes mata atau salep antibiotik. Bisa juga dengan membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan nanahnya. Agar tidak terulang, jaga kebersihan tangan sebelum memegang mata. Lalu, berikan kompres hangat.

Kalazion adalah benjolan yang muncul di kelopak mata akibat penyumbatan pada kelenjar meibom oleh karena peradangan atau virus. Jika lebih dari satu benjolan maka disebut dengan kalazia. Biasanya akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Jika tidak hilang, maka diberikan salep mata atau tetes mata. Lalu, lakukan kompres air hangat pada kalazion.

Selain penyakit diatas, penyebab lain munculnya bitnik pada mata adalah milia, blefaritis (peradangan kelopak mata), dakriosistitis (peradangan saluran air mata), dan tumor periorbita. Untuk memastikannya kembali penyebabnya apa, berbahaya atau tidak, saya sarankan untuk Anda membawa adik Anda ke dokter mata agar dilakukan pemeriksaan langsung dan di berikan terapi yang tepat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang kelopak mata disebabkan karena adanya infeksi seperti konjungtivitis, alergi, bintitan, kalazion, blefaritis, atau penyakit Graves

Penyebab Radang Kelopak Mata dan Cara Mengobatinya

Radang kelopak mata adalah infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau benda asing yang masuk ke dalam mata. Rasa sakitnya dapat dikurangi dengan membasuh atau kompres air dingin.