03 Oct 2021, 14:14Kulit & Kelamin

Apa penyebab vagina perih ketika sudah lama tidak melakukan intim?

SL
Info Penanya: SL0
Dokter, selama hamil saya jarang berhubungan intim dan kemarin saya baru memulai lagi berhubungan intim, tapi kenapa vagina saya menjadi perih ya? Apakah ini penyebab lama tidak berhubungan intim? Bagaimana cara mengatasinya? Lalu, adakah tips yang ampuh untuk mengatasi sakit ketika telah lama tidak berhubungan intim?
1841 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, SLTerima kasih atas pertanyaan AndaMelakukan hubungan intim dengan rutin perlu dilakukan oelh asangan suami istri. Salah satu manfaat dari melakukan hubungan intim dengan rutin adalah meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga. Namun, pada keadaan tertentu, misalnya sedang dalam prses pengobatan atau karena adanya kondisi medis lain bisa menyebabkan seseorang mengurangi frekuensi atau menunda melakuka hubungan intim. 

Keadaan yang terjadi bila hubungan intim jarang dilakukan bisa menimbulkan beberapa keluhan, seperti:

  • Terjadi vaginismus
  • Gairah seksual yang menurun
  • Terjadi atrofi pada otot-otot vagina
  • Areaa kemaluan terasa sakit
terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, vahgina terasa perih setelah lama tidak berhubungan intim bisa jadi karena beberapa penyebab. Salah satunya karena kurangnya pelumas alami vagina akibat tidak melakukan foreplay sebelum berhubungan. Selain itu, bisa juga terjadi karena adanya luka atau cedera pada vagina.Untuk itu, tindakan yang bsia dilakukan adalah dengan melakukan foreplay lebih lama sebelum berhubungan seksual, pastikan vagina terlah terlumuri oleh cairan pelumas alami vagina sebelum melakukan penetrasi, komunikasikan dengan pasangan, dan jaga kebersihan serta kesehatan area kewanitaan.Jika keluhan ini disertai dengan gejala penyerta seperti keluar darah setelah berhubungan, nyeri pada perut bawah, keputihan yang berbau tidak sedap, dan keluhan lain, maka lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.Semoga bermafaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekssekstips seks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil