Apa penyebab urin bercampur darah dan sakit perut bagian bawah?

RD Info Penanya: RD
Perkenalkan saya Rudi berumur 30 tahun. Saya ingin bertanya mengenai gangguan yang saya alami. Kenapa setiap saya buang air kecil hampir selalu mengeluarkan dari penis saya? Apalagi kalo saya kurang minum biasanya darah segar yang keluar lebih banyak dan lebih sakit di penis dan juga di perut bagian bawah saya. Kira-kira saya terkena penyakit apa ya Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RD,

Hematuria adalah adanya darah dalam urine yang bisa timbul karena sejumlah penyebab seperti adanya infeksi saluran kemih, gangguan kandung kemih, infeksi ginjal, adanya batu di saluran kemih, infeksi di saluran reproduksi, ataupun penyebab lainnya.

Jika keluhan kencing darah sering terjadi maka perlu dipastikan penyebabnya dengan pemeriksan langsung pada dokter atau dokter ahli urologi, nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan urine, USG, foto rontgen dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Nantinya penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya baik pemberian obat ataupun tindakan jika misalnya ada batu pada saluran kemih mulai dari operasi ataupun tindakan untuk menghancurkan batu menggunakan gelombang suara.

Upayakan untuk banyak minum air putih, hindari menahan keinginan untuk buang air kecil dan jika timbul rasa nyeri hebat di pinggang perlu untuk segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandung kemih dapat mengalami berbagai penyakit, mulai dari infeksi, hingga kanker

10 Penyakit pada Kandung Kemih yang Harus Diwaspadai

Seperti organ lainnya, kandung kemih dapat mengalami beberapa masalah yang mengganggu fungsi normalnya. Penyakit kandung kemih yang umum terjadi adalah infeksi kandung kemih hingga kanker kandung kemih.