Apa penyebab ujung jari terkelupas pada anak?

DH Info Penanya: DH
Dok saya mempunya anak usia 3 tahun,awalnya di setiap ujung jari tangan anak saya mengelupas,tapi sekarang timbul seperti luka dan bernanah di Sertai badan panas,apa namanya penyakitnya dok,dan cara mengobatinya?terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi D,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi pada anak Anda tersebut bisa disebabkan karena virus (virus coxsackie A16 ) yang ditularkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi melalui air liur, feses, sekresi hidung atau tenggorokan, cairan dari lepuhan, batuk, bersin. Kondisi ini memang sering menyerang pada anak-anak.

Penyakit yang menyerang anak Anda ini biasanya penyakit tangan, kaki, dan mulut atau hand, foot, and mouth disease, namun bisa juga penyakit kulit seperti eksim di tangan, psoriasis. Jika tidak segera ditangani atau diobati, kondisi kulit pada jari tangan anak Anda akan semakin parah dan infeksi akan semakin luas.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan obat penurun panas untuk anak Anda, melakukan cuci tangan pada anak Anda dengan air hangat dan sabun, jangan berbagi handuk dengan orang lain, hindari bepergian ke tempat umum untuk sementara waktu, dan jaga kebersihan diri. Namun, untuk lebih jelas penyebabnya dan bagaimana tatalaksana yang tepat, Anda dapat melakukan konsul anak Anda ke dokter spesialis anak terdekat.

Salam sehat,

Dr. Ester  

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.