Apa penyebab timbul memar tanpa sebab?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 17 Tahun
Mau nanya dok ? Pada tubuh saya timbul memar² tanpa sebab munculnya diantara 2 paha dan warnanya item itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang K,

Memar atau disebut dengan hematoma adalah gejala yang timbul dimana terjadi pecahnya atau penumpukan darah di luar pembuluh darah. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari benturan, aktivitas fisik berat, kebocoran darah, adanya kelainan darah, konsumsi obat tertentu seperti pengencer darah, ataupun disebabkan karena penyakit seperti misalnya demam berdarah.

Beberapa kelainan darah sendiri sering kali ditandai dengan timbulnya memar tanpa sebab seperti contohnya idiopatik trombositogenik purpura. Gejala lain yang bisa timbul seperti mimisan, pedarahan kulit ataupun lainnya. Untuk itu ada baiknya menceritakan keluhan yang dialami pada orang tua agar diantar untuk memeriksakan diri dan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan untuk memastikan penyebabnya. Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin untuk mengurangi perdarahan dan upayakan membatasi aktvitas fisik berat ataupun yang berisiko terjadi benturan seperti olahraga permainan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ebola sulit dikenali karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain, seperti flu dan malaria

Kenali Gejala Ebola, Penyakit Infeksi Virus yang Mematikan

Ebola termasuk infeksi yang langka, namun mematikan. Ebola sulit dideteksi karena gejalanya mirip dengan penyakit infeksi lain. Salah satu gejala yang membedakan adalah pendarahan yang dialami penderita.