Apa penyebab tidak haid 2 bulan tapi keputihan?

DT Info Penanya: DT, Wanita, 21 Tahun
Begini dok saya sudah hampir 2 bulan tidak haid malah yang selalu muncul keputihan. Itu kenapa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DT,

Keputihan adalah keluarnya cairan dari kemaluan wanita dimana cairan tersebut adalah merupakan produksi normal ketika tubuh membersihkan sel-sel mati dari area kewanitaan. Tetapi jika cairan keputihan berubah warna, berubah konsistensinya dan disertai gejala lain seperti timbul bau, rasa gatal, nyeri perut, nyeri saat berkemih ataupun gejala lain maka perlu diwaspadai karena bisa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, parasit ataupun karena penyakit menular seksual.

Upayakan menjaga kebersihan area organ kewanitaan dengan rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam, hindari pakaian yang terlalu ketat, hindari penggunaan sabun khusus untuk area kewanitaan dan periksakan pada dokter jika keputihan semakin banyak dan mengganggu. Nantinya bisa dilakukan pemeriksan sampel cairan vagina sebelum diberikan penanganan yang sesuai.

Tidak haid selama 2 bulan atau sekitar 60 hari bisa disebabkan oleh beragam faktor dimana jika sampai lebih dari 90 hari masih juga belum haid maka perlu diperiksakan. Faktor pemicunya bisa karena gangguan hormonal tubuh, tanda hamil, menderita penyakit lain seperti gangguan hormon tiroid, gangguan pada organ reproduksi, efek obat-obatan tertentu, mengalami kondisi psikologi yang kurang baik seperti stres, aktivitas fisik berat, kelelahan dan lainnya. Untuk itu jika sampai 90 hari masih juga tidak haid perlu diberikan penanganan baik yang sifatnya hormonal ataupun perubahan gaya hidup. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.