Apa penyebab tidak haid?

NY Info Penanya: NY, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya. Selama 6 bulan ini saya tidak mens, tiga kali saya sudah coba test pack hasilnya negatif, saya pernah ikut kb dok yang suntik 1 bulan, selama 2 bulan dan setelah itu saya berhenti ikut kb, setelah itu enakan masih lancar haid tiap bulannya dok tapi sejak bulan mei sampai sekarang saya belom haid apa itu efek dari kb apah saya hamil dok? Minta penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NY,

Siklus haid normal seorang wanita berlangsung antara 21-45 hari. Namun banyak faktor yang mempengaruhi teratur tidaknya siklus haid seseorang, seperti :

  1. Faktor psikologis. Stres yang berlebihan akan mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh. Baik disadari atau tidak stres akan memicu perasaan tertekan, sedih, tidak nyaman di dalam tubuh yang akan mengganggu metabolisme tubuh.
  2. PCOS. Adanya hormon androgen berlebih di tubuh seorang wanita akan memicu siklus haid jadi tidak teratur.
  3. Endometriosis. Penyakit dimana ditemukan jaringan rahim dluar rahim.
  4. Berat badan yang tidak ideal. Berat badan yang terlalu kurus atau terlalu gemuk juga akan mempengaruhi hormon-hormon yang ada di tubuh.

Pada kasus Anda dimana dalam 6 bulan tidak haid dan sudah 3 kali mencoba tes kehamilan dan hasilnya negatif, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lalukan seperti :

  1. Kurangi stres. Semakin stres akan semakin memperburuk siklus haid Anda.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  3. Jaga berat badan seideal mungkin, jangan terlalu gemuk dan jangan juga terlalu kurus.
  4. Olahraga secara teratur untuk melancarkan aliran darah.
  5. Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.

Sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan karena sudah 6 bulan tidak haid dan dalam kondisi tidak hamil, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG perut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.