Apa penyebab tidak dapat bernapas dengan lega

CL Info Penanya: CL, Wanita, 2019 Tahun
selamat malam dok, saya mau tanya dok dengan pernafasan saya. saya merasa terkadang saya bernafas kurang lega dok seperti rasanya nafas saya sangat pendek sekali dan terkadang saya sering menghela nafas panjang dari mulut agar bisa terasa lega sesekali. sebenarnya saya tidak merasa terganggu dengan hal itu dok, hanya saja saya mau tanya apakah itu ada gejala penyakit ? atau bagaimana?saya butuh analisa anda sebagai dokter.bukan saran untuk periksa lebih lanjut. terimakasih. maaf jika ada kata saya yang kurang sopan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CL,

Beberapa hal dapat mengakibatkan seseorang tidak dapat bernapas dengan lega, antara lain :

  1. Gangguan di hidung seperti polip hidungrhinitis dapat mengakibatkan saluran pernapasan menjadi tidak lancar sehingga tidak dapat bernapas dengan lega.
  2. Gangguan di paru-paru seperti PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis) akibat sering terpapar asap rokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.
  3. Meningkatnya asam lambung dapat mengakibatkan perasaan panas di dada yang mengakibatkan tidak dapat bernapas dengan lega.
  4. Adanya sumbatan aliran darah di pembuluh darah jantung dapat menghambat aliran oksigen, sehingga seseorang tidak dapat bernapas dengan lega.
  5. Faktor psikologis seperti ketika seseorang sedang menghadapi banyak masalah dan merasa tertekan.

Untuk memperlancar pernapasan dapat dilakukan dengan cara seperti minum air hangat, tidur menggunakan bantal agak tinggi, menggunakan jaket saat cuaca dingin.

Bila ada keluhan lain seperti nyeri dada, semakin susah bernapas, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat pada bayi merupakan keluhan yang dapat membuat bayi mengalami kesulitan menyusui hingga bernapas

4 Kondisi Ini Bisa Menyebabkan Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat pada bayi terjadi ketika pembuluh darah dan jaringan dalam rongga hidung tertutup karena terlalu banyak cairan. Kasus ini lebih sering terjadi pada bayi dibawah umur 6 bulan dan mengakibatkan kesulitan dalam menyusui karena tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidungnya.