Apa penyebab tidak bisa tidur di malam hari?

KU Info Penanya: KU, Pria, 21 Tahun
Dok saya tidak bisa tidur di malam hari, kenapa? Dan cara atasi nya!
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KU,

Gangguan tidur adalah keluhan baik kualitas dan kuantitas tidur yang membuat penderitanya tidak mendapatkan manfaat istirahat dengan baik salah satunya menimbulkan rasa lelah saat terbangun. 

Gangguan tidur ada beragam jenisnya dimana salah satunya adalah insomnia yaitu sulit untuk memulai tidur di malam hari, terbangun di malam hari dan sulit kembali tidur ataupun tidak bisa mempertahankan tidur sehingga bangun terlalu dini. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari faktor psikis seperti stres, lingkungan kamar tidur yang berisik, suhunya terlalu dingin atau panas, silau, alas tidur yang tidak nyaman ataupun bisa timbul karena gangguan kesehatan lain seperti pilek, hidung tersumbat, asma, sakit di bagian tubuh yang hebat dan lainnya, efek konsumsi obat atau kafein.

Untuk itu perlu memperhatikan pola tidur, upayakan memulai tidur di jam yang sudah ditentukan, dan hindari aktivitas lain di kamar tidur seperti membaca, bermain gawai (gadget), hindari konsumsi kafein menjelang tidur, mandi air hangat sebelum tidur, dan juga bisa melakukan relaksasi seperti pijatan ringan. Jika masih kesulitan maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau psikiater untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan baik terapi ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips aman berkendara saat mudik adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan

Ini Dia, 6 Tips Aman Berkendara Agar Tidak Lelah Saat Mudik Tiba!

Tips aman berkendara adalah dengan tidur cukup sebelum memulai perjalanan mudik Anda. Namun, tidur cukup tidak hanya menjadi satu-satunya tips aman berkendara saat mudik. Kenali juga tanda tanda sergapan rasa lelah seperti melamun, sering menguap, dan menggosok mata.