Apa Penyebab Terlambat Haid Disertai Nyeri Perut dan Pinggang?

FK Info Penanya: FK, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau nanya, saya haid bln kmrn tgl 23 september, perkiraan haid brikutnya tgl 26 oktober. Tapi sampe tgl 29 oktober saya blm haid dok. Sedangkan itu sudah melewati siklus 35 hari. Dan saya sudah pke test kehamilan 3 kali, negatif. Tetapi, perut dan pinggang saya sakit dok. Itu kenapa ya dok ? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam FKP,

Terlambat haid selain disebabkan oleh kehamilan dapat disebabkan beberapa hal berikut:

  1. Berat Badan
    Penurunan berat badan drastis dapat mempengaruhi siklus menstruasi karena mengganggu fungsi indung tekur atau ovarium.
  2. Aktifitas Fisik
    Aktifitas fisik berat dapat mempengaruhi hormon yang bekerja mengatur siklus menstruasi.
  3. Stres
    Stres juga dapat mempengaruhi kerja hormon yang mengatur siklus menstruasi.
  4. Diet
    Asupan gizi seseorang mempengaruhi siklus menstruasi, seperti asupan lemak dan kalori yang berperan dalam pembentukan hormon reproduksi.
  5. Kondisi Kerja
    Paparan zat kimia seperti tembakau pada pekerjaan seseorang dapat mengganggu fungsi hormon reproduksi yang mengatur siklus menstruasi.
  6. Gangguan Hormon
    Pada penderita penyakit gangguan hormon seperti diabetes mellitus, hipotiroid, ataupun hipertiroid juga dapat mengalami gangguan pada siklus menstruasi.

Jika tidak ada faktor resiko seperti di atas, tes kehamilan dapat diulang 3 minggu kemudian karena nyeri perut dan pinggang yang dialami juga dapat disebabkan oleh kehamilan dini. Pada usia kehamilan 3 minggu plasenta sudah mulai terbentuk sehingga hasil pemeriksaan kehamilan akan lebih akurat. Selain itu juga perlu diwaspadai adanya penyakit radang panggul / PID (Pelvic Inflammatory Disease) yang dapat menimbulkan nyeri pada perut bawah dan pinggang. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan penunjang lebih lanjut untuk mendapatkan diagnosa pasti dari keluhan Anda.

Berikut ini saya sertakan artikel Cara Melancarkan Haid Secara Alami, Cara Mempercepat Haid yang Telat, dan Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba sebagai pengganti obat sakit perut melilit

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, baik itu dalam bentuk kram, mual, dan diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa makanan dan minuman ini, sebagai pengganti obat sakit perut melilit.