Apa penyebab terlambat haid dan keluar darah saat bersenggama ?

I Info Penanya: I, Wanita, 25 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, haid saya tidak lancar sudah terjadi selama 1 bulan, dan setelah berhubungan suami istri selalu qda darah yang keluar.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I.

Jika terlambat haid pada wanita yang sebelumnya teratur mendapatkan haid, serta aktif melakukan hubungan seksual, maka perlu dipastikan apakah ada kehamilan atau tidak dengan melakukan tes kehamilan maupun dengan pemeriksaan USG. Jika ternyata tidak didapatkan adanya kehamilan, kemungkinan haid yang tidak lancar tersebut dapat di sebabkan oleh :

 - Fungsi hormon terganggu, haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.

- Kelainan Sistemik, tubuh sangat gemuk atau kurus dapat mempengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik, atau wanita yang menderita penyakit diabetes, juga akan mempengaruhi sistem metabolisme sehingga siklus haidnya pun tak teratur.

- Stress, stress akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh, karena stress, wanita akan menjadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolisme terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.

- Kelenjar Gondok, terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipertiroid), yang dapat mengakibatkan sistem hormonal tubuh ikut terganggu.

Terkait dengan keluar darah saat melakukan hubungan seksual, penyebabnya antara lain :

  • Gesekan saat berhubungan
  • Radang pada serviks
  • Penyakit radang panggul
  • Trauma pada serviks
  • Infeksi seperti chlamydia
  • Tumor (jinak atau keganasan)

Untuk memastikan diagnosa dan penyebab dari keluhan anda, sebaiknya ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (kandungan) untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dengan olahraga ada banyak gerakannya, Anda paling suka yang mana?

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.