Apa penyebab tenggorokan sakit untuk menelan?

RR Info Penanya: RR, Pria, 31 Tahun
kenapa setelah bangun tidur siang, tenggorokan sakit sekali seperti kebakar, apakah efek makan sebelum tidur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RR,

Tenggorokan sakit saat menelan adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam hal mulai dari reaksi alergi, radang tenggorokan, radang amandel, iritasi tenggorokan, infeksi saluran pernapasan ataupun penyebab lainnya.

Jika keluhan timbul setelah tidur bisa juga karena mulut terbuka ketika tidur sehingga memicu tenggorokan kering dan teriritasi. Selain itu bisa juga karena karena iritasi dari makanan yang dikonsumsi sebelumnya terutama jika makanan terlalu panas ataupun terlalu dingin, berminyak dan juga jika memiliki kebiasaan merokok.

Untuk mengatasinya bisa lebih banyak minum air putih, konsumsi madu atau air lemon hangat, mengonsumsi permen pelega tenggorokan, dan bisa konsumsi parasetamol jika nyeri tidak tertahan. Upaya lain juga bisa dilakukan seperti berkumur menggunakan air garam ataupun obat kumur.

Jika timbul perubahan suara, demam, batuk atau pilek, sesak maka perlu untuk segera diperiksakan. Hindari makanan dan minuman yang bisa mengiritasi agar menghindari keluhan bertambah berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab radang tenggorokan adalah infeksi virus streptococcus

Memahami Penyebab Radang Tenggorokan Sekaligus Gejala dan Cara Mengatasinya

Radang tenggorokan dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderita radang tenggorokan. Penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi bakteri streptococcus. Kondisi ini ditandai dengan sakit tenggorokan.