Apa penyebab tenggorokan sakit jika lupa minum setelah makan?

MS Info Penanya: MS
Halo dok saya melda , kenapa ya kalau saya lupa minum saja abis makan besokkanya langsung tenggorokan kaga enak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MS,

Rasa tidak nyaman pada tenggorokan adalah kondisi yang bisa timbul karena beragam penyebab seperti diantaranya adalah infeksi atau iritasi dari makanan atau minuman tertentu, radang tenggorokan akibat infeksi virus atau bakteri, adanya paparan alergen, iritasi asam lambung, kebiasaan merokok dan lainnya.

Jika setelah makan lupa minum, hal ini bisa memicu tenggorokan tidak nyaman karena sisa atau zat dari makanan bisa masih ada di area mulut dan tenggorokan dimana bisa memicu infeksi, manimbulkan iritasi di tenggorokan terutama jika makanan berminyak atau lainnya.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan perlu perbanyak minum air putih, batasi konsumsi makanan yang berminyak, di goreng ataupun hindari juga paparan alergen yang memicu tenggorokan tidak nyaman. Gunakan masker juga jika berada di luar ruangan.  Periksakan pada dokter, jika keluhan nyeri tenggorokan semakin tidak nyaman dan juga bila disertai batuk atau demam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.