Apa penyebab telinga gatal seperti tersumbat?

JS Info Penanya: JS, Pria
Dok mau tanya, telinga saya sebelah kanan rasanya tuh kaya gatal terus berdengung kaya kesumbat gitu jadi pendengaran berkurang. Kira kira kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam JS,

Keluhan telinga terasa gatal, berdengung, penuh seperti tersumbat sehingga menyebabkan fungsi pendengaran berkurang bisa disebabkan oleh :
  1. Otitis media.
  2. Infeksi jamur.
  3. Trauma akibat mengorek telinga terlalu dalam.
  4. Benda asing di dalam telinga seperti kemasukan binatang.
Sementara untuk mengurangi keluhan yang Anda rasakan dapat dilakukan beberapa hal berikut ini :
  1. Irigasi telinga menggunakan air hangat dengan catatan tidak ada riwayat gendang telinga pecah.
  2. Minum paracetamol untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman.
  3. Gunakan obat tetes telinga penghilang nyeri yang dapat dibeli di apotek.
  4. Hindari mengorek telinga, agar telinga tidak semakin teriritasi. Seharusnya telinga tidak perlu dikorek-korek karena kotoran akan keluar dengan sendirinya ketika gerakan mengunyah dan berbicara. Namun bila dirasa kotoran sangat banyak, bisa dilakukan irigasi telinga.

Bila keluhan ini sudah menyebabkan penurunan fungsi pendengaran, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

BW
25 Oct 2019, 21:51
Assalamualaikum wr wb Malam dok Saya mau tanya ini di ujung kelamin saya keluar cair berwarna kuning kayak nana gitu kalau saya tekan. Tapi tidak terasa sakit atau perih. Terima kasih dok. Bagaimana untuk mengobati nya?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.