Apa penyebab telapak tangan panas dan gatal?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dok, saya kebetulan seorang ibu rumah tangga yang banyak kegiatan di dapur. Akhir-akhir ini saya sering merasakan telapak tanagn saya panas dan gatal. Ini kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keluhan sensasi panas dan gatal di telapak tangan bisa saja terjadi karena setelah mengolah cukup banyak cabai, atau tak langsung cuci tangan setelah makan yang pedas-pedas dengan tangan. Bukan hanya kecabean, ternyata ada pula beberapa kondisi yang juga bisa menjadi penyebab telapak tangan panas dan gatal.

Beberapa kondisi yang menyebabkan rasa panas dan gatal :

  1. Eksim
    Gejala yang ditimbulkan gatal, memerah, kering, dan pecah-pecah. Pada jenis eksim dishidrotik (dishidrosis), kulit di permukaan tangan yang gatal dapat melepuh.
  2. Reaksi alergi
    Paparan bahan iritan seperti sabun, disinfektan, debu atau tanah, dan parfum.
  3. Sindrom carpal turner
    Gejala saraf jari yang bermasalah juga akan terasa lemah dan mati rasa sewaktu-waktu
  4. Alergi obat
    Obat tertentu dapat mengakibatkan alergi pada kulit
  5. Diabetes
    Berkaitan dengan polineuropati diabetes atau neuropati perifer, yang mana terjadi kerusakan serabut saraf, terutama kaki dan tangan penderita diabetes.

Untuk mengatasi keluhan rasa panas dan gatal di tangan Anda sebaiknya rutin mencuci tangan, kompres dengan air dingin, selalu jaga kebersihan Anda dan hindari paparan alergi. Jika keluhan tidak membaik, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit dan kelamin untuk mencari tau penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski befungsi untuk melindungi tubuh, bisa saja kulit mengalami penyakit seperti jerawat dan bisul

Mengenali Anatomi Kulit yang Ternyata Memiliki Begitu Banyak Fungsi

Anatomi kulit terdiri dari tiga lapisan yang memiliki fungsinya masing-masing bagi tubuh. Sebagai organ tubuh paling besar yang melindungi bagian dalam tubuh, kulit harus dijaga kesehatannya, terutama mencegah penyakit-penyakit yang biasa menyerang kulit.