Apa penyebab tekanan darah rendah?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, tekanan darah saya 90/60mmHg sejak SMP hingga sekarang susah sekali menaikkan sampai normal. Memang ibu saya juga darah rendah. Apakah penyebab darah rendah saya genetika dok? Adakah penyebab lainnya? Gimana solusinya dok? Makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasi atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Beberapa penyebab hipotensi adalah kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, ketidak seimbangan hormon seperti penyakit tiroid, dehidrasi, infeksi, penyakit jantung, kekurangan nutrisi seperti vitamin B12 dan asam folat, perdarahan dan reaksi alergi yang parah.

Hipotensi dalam beberapa kondisi tidak meimbulkan gejala, namun ada juga yang menimbulkan gejala seperti pusing, mual dan muntah, lemas, pandangan buram, kosentrasi berkurang, pingsan dan sesak nafas.

Cara mengatasi hipotensi bisa dengan cara :

  • Mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, karena garam dapat meningkatkan tekanan darah, namun jangan konsumsi garam secara berlebihan
  • Konsumsi cairan atau air putih, karena cairan dapat meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi
  • Berolahraga secara teratur hindari merokok dan konsumsi alkohol
  • Lakukan perubahan posisi tubuh dengan perlahan, misalnya dari tidur ke duduk

Segera kunjungi dokter penyakit dalam atau IGD Rumah Sakit terdekat jika Anda mengalami gejala seperti jantung berdebar, keringat dingin, hingga sesak nafas. Tekanan darah yang sangat rendah dapat menyebabkan syok segera perlu di tangani karena dapat membahayakan nyawa.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh EH
16 Mar 2020, 13:50
Sangat bermanfaat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
17 Mar 2020, 08:40
Terimakasih. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual, pusing, pandangan kabur merupakan gejala darah rendah.

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Gejala darah rendah adapun mual, pusing atau kepala terasa ringan, dehidrasi, sulit konsentrasi, tekanan darah di bawah 90/60 mmHg hingga pingsan apabila sudah kronis.