Apa penyebab tangan sering kesemutan ?

MN Info Penanya: MN
Dok, kenapa tangan saya sering kesemutan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MN

Fungsi tangan tergantung dari otot, sendi, dan saraf. Beberapa kondisi bisa menyebabkan gangguan pada salah satu organ tersebut. Misalnya otot bisa menjadi radang akibat penggunaan berlebihan akibat pekerjaan atau aktivitas tertentu. Bisa juga mengalami radang akibat cedera atau infeksi terutama bila ada luka terbuka.

Begitu juga sendi sebagai penghubung antar tulang, pada penggunaan berlebihan bisa mengalami cedera atau radang. Bisa juga karena ada gangguan klinis seperti radang sendi akibat kurang nutrisi, pengapuran atau asam urat.

Sedangkan saraf berperan mengalirkan sinyal listrik dari tangan ke otak dan sebaliknya. Bila ada gangguan saraf bisa mengakibatkan kesemutan dan baal. Bisa karena cedera pada saraf atau radang dari jaringan sekitarnya. Dan juga ada faktor dari klinis seperti akibat diabetes dan gangguan elektrolit. Untuk mengatasinya bisa Anda baca di artikel yang saya lampirkan 11 Cara Menghilangkan Kesemutan di Kaki dan Tangan yang Jitu. Bila keluhan tidak berkurang sebaiknya konsul ke Dokter Spesialis Saraf.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenali penyebab sakit pinggang pada lansia bisa membantu Anda menemukan perawatan yang tepat

Kenali Paget’s Disease, Salah Satu Penyebab Sakit Pinggang pada Lansia

Ada beragam penyebab sakit pinggang pada lansia. Salah satunya adalah paget’s disease. Jarang didengar, penyakit ini sebenarnya memiliki ciri yang cukup khas, seperti perubahan bentuk kaki, maupun tangan menjadi lebih bengkok.