Apa penyebab tangan sering kesemutan ?

MN Info Penanya: MN
Dok, kenapa tangan saya sering kesemutan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MN

Fungsi tangan tergantung dari otot, sendi, dan saraf. Beberapa kondisi bisa menyebabkan gangguan pada salah satu organ tersebut. Misalnya otot bisa menjadi radang akibat penggunaan berlebihan akibat pekerjaan atau aktivitas tertentu. Bisa juga mengalami radang akibat cedera atau infeksi terutama bila ada luka terbuka.

Begitu juga sendi sebagai penghubung antar tulang, pada penggunaan berlebihan bisa mengalami cedera atau radang. Bisa juga karena ada gangguan klinis seperti radang sendi akibat kurang nutrisi, pengapuran atau asam urat.

Sedangkan saraf berperan mengalirkan sinyal listrik dari tangan ke otak dan sebaliknya. Bila ada gangguan saraf bisa mengakibatkan kesemutan dan baal. Bisa karena cedera pada saraf atau radang dari jaringan sekitarnya. Dan juga ada faktor dari klinis seperti akibat diabetes dan gangguan elektrolit. Untuk mengatasinya bisa Anda baca di artikel yang saya lampirkan 11 Cara Menghilangkan Kesemutan di Kaki dan Tangan yang Jitu. Bila keluhan tidak berkurang sebaiknya konsul ke Dokter Spesialis Saraf.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Uric acid adalah senyawa yang terbentuk saat tubuh mengurai purin dan harus dikeluarkan lewat urine

Uric Acid Adalah Senyawa yang Harus Dibuang Melalui Urine, Apa Dampaknya Jika Kadarnya Berlebih?

Uric acid adalah salah satu senyawa dalam tubuh yang perlu dibuang melalui urine. Namun, terkadang kadar uric acid yang berlebih dapat memicu penyakit lain, seperti asam urat, batu ginjal, dan sebagainya. Untungnya Anda dapat memeriksakan diri dengan menjalani pemeriksaan kadar uric acid dalam tubuh.