Apa penyebab tangan bengkak sebelah kanan?

SS Info Penanya: SS, Pria, 43 Tahun
tangan bengkak sebelah kanan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Pembengkakan adalah tanda dari adanya peradangan ataupun adanya penumpukan cairan pada sel. Untuk itu pembengkakan pada tangan kanan bisa terjadi karena adanya proses peradangan yang diakibatkan oleh cedera, patah tulang, benturan, peradangan sendi, ataupun karena penumpukan cairan yang bisa disebabkan oleh efek penggunaan obat, gangguan pembuluh darah, gangguan organ lain seperti gangguan ginjal dan lainnya.

Untuk itu penanganan bengkak pada tangan perlu disesuaikan dengan penyebabnya.

Perlu dilakukan pemeriksaan langsung pada dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan untuk menentukan penyebabnya.

Jika ada proses peradangan gejala lain bisa timbul seperti nyeri, tangan teraba hangat, sulit digerakan dan juga bengkak bisa pada sendi-sendi tertentu saja. Penanganannya adalah dengan mengompres dengan kompres dingin, mengistirahatkan tangan, hindari aktivitas dengan tangan yang nyeri terutama aktivitas berulang seperti mengetik, mengangkat beban dan juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergelangan tangan sakit bisa disembuhkan dengan obat, terapi, maupun operasi

Tak Hanya Cedera, Kenali Juga Sebab Pergelangan Tangan Sakit Lainnya

Pergelangan tangan yang sakit bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti cedera maupun penyakit seperti artritis, hingga carpal tunnel syndrome. Sehingga, cara mengatasinya pun bisa berbeda.