Apa penyebab sperma encer?

AN* Info Penanya: AN*
Maaf dok saya mau tanya,solusi utk mengatasi sperma yg encer itu gmn y???Soalnya sperma suami saya encer,stiap kali kt hbs berhubungan intim psti sperma suami saya tumpah lg keluar.sedangkan saya sama suami sudah pengen segera punya buah hati.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kualitas sperma menentukan apakah sperma tersebut kuat berenang atau tidak untuk mencapai sel telur. Sperma yang encer biasanya mengindikasikan bahawa terdapat masalah pada kesuburan seorang pria. Penyebab dari sperma yang encer yaitu:

  • Oligospermia. Suatu kondisi dimana sperma pria berjumlah dibawah 15 juta sperma per mililiter semen.
  • Ejakulasi terlalu sering. Ejakulasi yang sering misal beberapa kali dalam sehari merupakan penyebab sperma menjadi encer.
  • Kekurangan zinc. Kekurangan zat ini bisa menyebabkan sperma menjadi encer.

Biasanya kondisi sperma yang encer bisa berlangsung sementara dan bisa sembuh sendirinya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan cara-cara berikut agar kesuburan suami Anda meningkat, yaitu: mengonsumsi suplemen asam aspartat, vitamin C, vitamin D, suplemen zinc, akar maca, olahraga yang teratur, istirahat dan kurangi stres. Tetapi untuk memastikan apakah sperma suami Anda berkualitas atau tidak, saya sarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter andrologi untuk diperiksa kembali dan ditatalaksana dengan tepat. Di samping itu, ketika Anda sehabis berhubungan seksual, disarankan untuk tidak langsung berdiri. Posisikan panggul lebih tinggi dari kepala sehingga sperma tidak gampang keluar. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.