29 Dec 2020, 08:38Penyakit Lainnya

Apa penyebab sering lupa tiba-tiba?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 20 Tahun
Dok, belakangan saya sering sekali lupa terhadap sesuatu. Baik saat menyimpan barang ataupun suatu kejadian. Apa ya dok penyebabnya?
811 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, SL.Lupa merupakan suatu kondisi dimana Anda sulit untuk mengingat sesuatu, baik yang terjadi di masa lampau, maupun kejadian yang baru saja berlangsung. Keluhan sering lupa ini bisa terjadi kepada siapa saja baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Keluhan sering lupa ini dapat menganggu aktifitas Anda karena dapat menghambat sebuah pekerjaan. Sering lupa juga dapat membuat kesal penderita maupun orang di sekelilingnya.

Apa penyebab seseorang sering lupa ? 

Keluhan sering lupa tidak hanya diakibatkan oleh proses penuaan namun ada beberapa penyebab seseorang sering lupa lainnya seperti :
  • Penurunan konsentrasi akibat kelelahan dan kurang tidur.
  • Gangguan cemas dan serangan panik.
  • Penurunan gula darah yang terjadi secara tiba-tiba seperti saat pasien mengkonsumsi obat diabetes militus, atau saat seseorang sedang puasa.
  • Obat-obatan yang menyebabkan rasa kantuk juga dapat menurunkan konsentrasi sehingga mudah lupa.
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumal yang banyak.
  • Menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan obat penenang.

Bagaimana cara mengatasi keluhan sering lupa ?

Cara mengatasi keluhan sering lupa adalah dengan menarik nafas panjang, keluarkan dari mulut, coba untuk tenang, buat ingatan secara berurut tentang peristiwa yang telah terjadi, jangan panik dan stress, bikin alarm serta pengingat baik berupa tulisan di kalender ataupun di handphone, rajin membaca, melatih berpikir dengan belajar bahasa asing, hindari konsumsi obat terlarang dan penenang, jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Anda juga dapat meminta tolong kepada orang terdekat untuk mengingatkan Anda akan hal-hal penting yang mungkin terlupa.Jika keluhan sering lupa yang Anda alami sudah mengganggu aktifitas Anda, bahkan Anda sangat kesulitan dalam mengingat sesuatu seperti dimana Anda parkir, apa yang harus Anda lakukan hari ini, dimana kunci kendaraan yang baru saja Anda letakkan, membuat Anda stress untuk mengingatnya, Anda sebaiknya pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh sehingga keluhan yang Anda rasakan dapat diatasi dengan baik.  Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
gangguan kecemasan umumsering lupapola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil