Apa penyebab sering kencing ?

AF Info Penanya: AF, Pria, 19 Tahun
Dok. Saya sering sekali buang air kecil. Setiap saya minum air, beberapa menit kemudian saya langsung ingin buang air kecil. Tidak seperti kebanyakan orang. Semakin saya banyak minum semakin sering saya ingin buang air kecil. Hal ini menyebabkan terganggunya aktifitas kerja. Sehari kerja dr pagi jam 7-4 sore bisa kira kira 10 kali saya buang air kecil. Hal ini berlangsung setiap hari (bukan anyang anyangan). Apakah ini termasuk air yang saya minum tidak terserap oleh tubuh? Apakah yang harus saya lakukan atau saya konsumsi? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AF.

Frekuensi normal untuk buang air kecil adalah 6-8 kali dalam 24 jam. Sedangkan banyaknya jumlah urin yang dikeluarkan dalam sehari berkisar antara 400-2.000 mL, dengan asupan cairan normal sekitar 2 liter per hari.

Jika sering buang air kecil penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain :

  • Terlalu banyak minum, jika tubuh kita merasa cukup cairan, salah satu kompensasinya adalah dengan meningkatkan produksi urin
  • Infeksi saluran kencing
  • Kencing manis
  • Kandung kemih yang terlalu aktif (kontraksi otot berlebihan pada kandung kemih)
  • Mengkonsumsi obat seperti golongan diuretik.

Untuk mengetahui penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya anda ke dokter, agar diperiksa secara langsung.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.