Apa penyebab sering keluar darah dari vagina?

IS Info Penanya: IS
Assalamualaikum .... Salam Sehat Dokter . Ini tentang Istri saya yang sering keluar darah dari vagina terkadang keluar bersamaan saat buang air kecil . Namun kalau banyak yang keluar darah itu tak berbau tapi kalau sedikit berupa plek darah itu berbau . Pertanyaan nya jenis penyakit apakah itu Dokter ? Dan bagaimana cara penanganan nya. Terima kasih Dokter .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IS,

Keluar darah dari vagina atau istilahnya flek atau spotting adalah merupakan salah satu gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah adanya gangguan pada vagina seperti adanya polip, iritasi atau radang vagina karena berhubungan seksual, efek samping penggunaan kontrasepsi, gangguan pada saluran reproduksi seperti misalnya adanya tumor jinak di rahim, infeksi yang memicu keputihan yang bisa bercampur darah salah satunya karena infeksi parasit atau infeksi menular seksual dan beragam penyebab lainnya.

Untuk itu baiknya dipastikan apa penyebabnya dengan memeriksakan diri pada dokter kandungan dimana nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti tes urine, tes sampel cairan vagina, USG dan juga pemeriksaan lain yang diperlukan.

Perhatikan juga ada tidaknya keluhan lain seperti misalnya nyeri perut, menstruasi yang tidak teratur, jumlah perdarahan yang terjadi, adanya bau yang khas dan lainnya agar membantu dokter mendapatkan tambahan informasi untuk bisa menegakkan diagnosa pastinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.