Apa penyebab sering buang air kecil tapi sedikit?

S Info Penanya: S
Selamat sore dok, saya ingin konsultasi masalah mengenai buang air kecil terus menerus terasa sakit setelah buang air dan tidak nyaman bagian perut dan urin yg keluar sedikit. Penyebabnya apa yaa dok? Dan bagaimana pencegahan dan pengobatannya. Terimakasih.Meliana,22 thn.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Sering buang air kecil adalah pertanda adanya masalah pada saluran kemih. Penyebabnya bisa beragam mulai dari infeksi saluran kemih, batu pada saluran kemih, gangguan pada ginjal ataupun akibat penyakit menular seksual. Beberapa faktor juga bisa berpengaruh seperti misalnya kebersihan diri terutama saat membasuh area kelamin setelah buang air, kebiasaan menahan keinginan buang air kecil, kurang asupan cairan, penggunaan pembalut dalam waktu lama dan lainnya. Gejalan infeksi saluran kemih sendiri bisa berupa anyang-anyangan, nyeri perut, urine menjadi keruh atau bisa bercampur darah, perih saat berkemih dan lainnya.

Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Sering kali juga peningkatan frekuensi buang air kecil disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga memerlukan penanganan dengan antibiotik sampai tuntas. Upayakan lebih banyak minum air putih, hindari menahan keinginan buang air kecil, basuh kemaluan dari arah depan kebelakang untuk menghindari paparan bakteri dari anus dan hindari penggunaan pembalut dalam waktu lama setidaknya menggantinya setiap 3 jam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ISK pada ibu hamil biasanya rentan terjadi pada minggu ke 6 hingga minggu ke 24 kehamilan

Anda Tak Sendiri, Ini Alasan ISK pada Ibu Hamil Kerap Terjadi

ISK pada ibu hamil rentan terjadi karena perubahan kondisi fisik dan hormon, bahkan bisa terjadi berulang. Gejala infeksi saluran kemih pada ibu hamil adalah rasa sakit pada kandung kemih yang terasa ketika buang air kecil hingga munculnya darah pada urine.