Apa penyebab sering buang air kecil?

FF Info Penanya: FF, Pria
Mau tanya dok, ini temen saya ada yg terlalu sering buang air kecil pada saat mlm hari terlebih lagi pada saat tidak melakukan aktivitas itu buang air bisa berkali kali bahkan habis buang air kecil tidak Sampek 3 menit buang air kecil lagi... untuk mengetahui jenis penyakit apa itu gmna ya dok... atau Itu kalau mau periksa ke dokter spesialis apa ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore FF,

Sering kencing adalah gejala yang bisa menandakan adanya permasalahan pada saluran kemih. Sering kencing bisa menandakan infeksi saluran kemih, asupan makanan atau minuman yang banyak air, adanya tekanan pada kandung kemih, gangguan otot saluran kemih sehingga tidak mampu menahan rasa ingin berkemih atau karena terlalu aktif, efek obat ataupun gangguan kesehatan lain seperti diabetes dan lainnya.

Untuk memastikannya perlu diperhatikan bagaimana asupan cairan apakah memang banyak atau tidak, jika banyak maka bisa merupakan keluhan normal. Tetapi jika ada gejala lain yang timbul seperti rasa perih saat buang air, urine menjadi keruh, nyeri perut maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan pada dokter umum atau dokter ahli urologi nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan urine ataupun USG jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih adalah gangguan yang terjadi pada bagian kandung kemih atau uretra

Sering Buang Air Kecil? Bisa Jadi Infeksi Saluran Kemih

Salah satu gejala infeksi saluran kemih adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang berhasil masuk ke sistem saluran kemih dan menginfeksi bagian-bagian dari sistem tersebut. Infeksi saluran kemih pada bagian kandung kemih biasanya disebabkan oleh bakteri E.Coli dari anus.