Apa penyebab sering BAB 3 hari berturur-turut?

WP Info Penanya: WP, Wanita, 23 Tahun
Selamat sore dokter, saya mau tanya, bapak saya 3 hari berturut-turut sering BAB terus ga ada hentinya, udah di bawa ke dokter td tp masih BAB terus , kalo boleh tau penyebab bapak saya sering BAB terus itu kenapa ya dok? Terus bagaimana biar bisa sembuh lgi, terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WP,

Buang air besar yang sering adalah pertanda gangguan pada saluran pencernaan seperti misalnya akibat keracunan makanan, infeksi saluran pencernaan, irritable bowel syndrome, atau akibat penyakit lain seperti iritasi usus, demam tifoid, efek samping obat dan lainnya.

Untuk itu perlu ditanyakan pada orang tuan Anda agar diperhatikan juga bagaimana feses yang timbul apakah tetap padat atau menjadi lebih lembek sampai BAB cair, perhatikan juga gejala lain yang timbul seperti nyeri perut, mual, muntah, demam ataupun gejala lain.

Jika sudah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan tetap jalankan sesuai anjuran dokter, jika 3 hari pasca berobat tidak ada perbaikan kembali periksakan pada dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan anamnesis atau wawancara mengenai gejala, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan sampel feses, USG atau pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Saat ini yang utama adalah mencegah agar tidak timbul dehidrasi dengan mengonsumsi lebih banyak air putih dan lanjutkan pengobatan yang telah diberikan. Bisa juga mengonsumsi probiotik untuk membantu mengurangi frekuensi buang air besar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tukak lambung bisa menjadi penyebab perut kembung pada lansia.

Tukak Lambung, Penyebab Perut Kembung pada Lansia

Tukak lambung adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap terjadi pada lansia. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen.