Apa penyebab saya sakit perut di bawah pusar?

RM Info Penanya: RM
Dok,mau tanya,,saya sering sakit perut di bawah pusar kalau ditekan sakit nya samapi ke anus, dan sangat tak nyaman , vagina juga ada cairan putih susu tapi tidak berbau dan sangat gatal sehingga bagian vagina terasa perih saat di tekan dan saat buang air kecil. Saya sudah pernah usg tapi tidak ada penyakit apapun. Tapi sakit perut nya sering saya alami. Tolong jawaban nya dok..thanks.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM.

Sakit perut di bawah pusar yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa kondisi: 

- Gangguan pencernaan: biasanya dapat disertai oleh mual, kembung, diare atau muntah. Penyebabnya dari beberapa organ, gangguan dari organ lambung contohnya sakit maag atau keracunan makanan. Perhatikan kebiasaan makan Anda, apakah sering telat makan atau konsumsi sesuatu yang baru.

Sedangkan gangguan dari organ usus bisa jadi sembelit, IBS (irritable bowel syndrome), usus buntu atau hernia. Pada gangguan IBS, biasanya gejala akan muncul saat ada stres. Sakit perut pada usus buntu, terutama sudah berlangsung lama, akan hilang dan timbul. Pada hernia sakit perut akan disertai benjolan dan rasa berat di perut.

- Gangguan saluran reproduksi wanita: jika sakit perut disertai oleh keputihan yang gatal, kemungkinan terjadi infeksi pada saluran reproduksi Anda. Penyebabnya bisa radang panggul, infeksi di daerah vagina, atau infeksi saluran kemih. Sakit saat BAK juga bisa disebabkan iritasi pada vagina.

Gejala sakit perut di bawah pusar dan keputihan bisa jadi berhubungan atau tidak berhubungan. Anda harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti gejala-gejala ini.

Yang dapat Anda lakukan di rumah untuk memperingan gejala adalah:

- Kompres air hangat pada daerah perut yang sakit

- Konsumsi makanan yang mudah dicerna saat perut sedang sakit dan perhatikan jadwal makan Anda

- Perhatikan pola BAB Anda, jika tidak lancar (minimal seminggu 3 kali), perbanyak minum air putih dan makan sayuran serta buah

- Hindari stres

- Bersihkan daerah vagina Anda dengan air bersih, tidak diperlukan sabun khusus

Anda perlu segera datang ke UGD jika terdapat tanda-tanda bahaya berikut ini: 

- Demam tinggi

- Muntah-muntah dan diare hebat. Bisa disertai oleh muntah darah atau BAB berwarna hitam

- Nyeri perut yang menetap 

Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Lekas sehat.

 

dr. Anandika Pawitri

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada bahan-bahan alami yang bisa Anda coba sebagai pengganti obat sakit perut melilit

7 Bahan Alami Pengganti Obat Sakit Perut Melilit

Hampir semua orang pasti pernah mengalami sakit perut, baik itu dalam bentuk kram, mual, dan diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa makanan dan minuman ini, sebagai pengganti obat sakit perut melilit.