Apa penyebab sakit perut bagian bawah pusar?

AR Info Penanya: AR, Pria, 21 Tahun
Selamat siang dokter,Saya mau tanya. Perut saya sering merasa sakit dibagian bawah pusar perut seperti kencang tertekan, kira kira kenapa ya? Msalah dari lambung atau dari pencernaan usus ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Penyebab sakit perut bawah pusar adalah gangguan pada saluran pencernaan seperti sembelit atua konstipasi, infeksi saluran kemih, adanya hernia, radang usus buntu, gangguan pada organ reproduksi pria seperti pada testis atau kelenjar prostat, gangguan otot baik menimbulkan kram otot ataupun adanya hernia.

Untuk itu perlu diperhatikan kapan gejala timbul, apa yang menjadi penyebabnya, dan gejala apa yang menyertai. Untuk memastikannya tentu perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter secara langsung. Tetapi jika sampai timbul nyeri perut hebat, mual, muntah, sulit menggerakan badan, nyeri saat berjalan atau batuk, diare, sulit berkemih maka perlu untuk segera ditangani.

Untuk sementara perhatikan pola makan, perbanyak minum air putih, hindari menahan keinginan buang air besar dan berkemih, kompres bagian yang nyeri dengan kompres hangat, hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan periksakan untuk mengatasi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh beberapa penyakit

7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Sakit perut sebelah kiri bawah ternyata dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti diverkulitis, hernia, nyeri haid, maag, batu ginjal, gas di saluran pencernaan dan konstipasi.