Apa penyebab sakit gigi ibu hamil dan gusi bengkak?

LA Info Penanya: LA, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya knapa sakit gusi disertai bengkak pada saat hamil trimestr ke dua knapa ya saya gakuat nahannya sakit banget bahkan buat mangap saja saya susah dan berpengaruh pada saat menelan minum dan makanan juga sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LA,

Penyebab gusi bengkak saat hamil adalah karena gangguan hormonal, kebersihan gigi yang kurang terjaga, sering mengonsumsi makanan yang manis, kurang asupan kalsium, dan bisa karena asam lambung yang meningkat yang bisa merusak gigi.

Untuk itu ada baiknya segera memeriksakan diri segera pada dokter gigi untuk mencegah infeksi yang bisa berpengaruh pada kehamilan. Nantinya akan dilakukan perawatan dan penanganan baik pengobatan ataupun tindakan untuk mengatasi keluhan yang dirasakan.

Hindari sembarangan mengonsumsi obat karena bisa berpengaruh pada kehamilan. Kurangi rasa nyeri dengan berkumur menggunakan air garam hangat, mengoleskan minyak cengkeh ke bagian yang nyeri atau bisa mengompres menggunakan es di bagian pipi yang nyeri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang bisa dialami semua orang.

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Setiap orang memiliki risiko memiliki gigi berlubang. Ketahui beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko sakit gigi di sini