Apa penyebab pusing dan lemas ?

PK Info Penanya: PK, Pria, 19 Tahun
Dok saya ingin taya kenapa saya berapa hari ini sering merasa pusing dan tiba tiba lemas seperti ingin pingsan secara tiba tiba hanpir setiap harinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, PK

    Pusing merupakan suatu sensasi seperti melayang, merasa hilang keseimbangan, perasaan lingkungan berputar. Sementara lemas merupakan kondisi dimana seseorang merasa tidak bertenaga.

    Penyebab pusing dan lemas sangat beragam seperti hipoglikemia (gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), infeksi kuman (virus, bakteri, dll), vertigo, migrain, gangguan di mata (mata rabun, astigmatisme, dll), efek samping obat, anemia, kehamilan, dehidrasi ataupun stres berlebihan.

Gejala yang anda rasakan tidaklah spesifik, Untuk mengetahui secara pasti penyebab dan diagnosis dari keluhan anda, sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut yakni anamnesa (tanya-jawab), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang sesuai indikasi, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

Pengobatan sementara yang dapat anda lakukan :

  • Istirahat cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari
  • Konsumsi makanan bergizi, buah-buahan
  • Minum yang cukup untuk cegah dehidrasi
  • Makanlah tepat waktu
  • Hindari atau kelola stress
  • Minum multivitamin

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ingin tampil cantik dan glowing ketika Hari Raya? Lakukan tips cantik saat Lebaran berikut ini

5 Tips Cantik Saat Lebaran Hanya dengan Nol Rupiah

Semua perempuan pasti ingin tampil segar dan bugar di hari raya. Wujudkan dengan tips cantik saat Lebaran yang bisa kamu lakukan tanpa harus keluar uang.