19 Jun 2020, 11:50Perut

Apa penyebab perut perih dan mulut terasa pahit?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, seminggu lalu saya periksa ke dokter sppd karena perut terasa perih dan mulut pahit. Saya diberikan omeprazol, tapi hingga sekarang saya masih belum sembuh. Apakah saya perlu periksa lagi ke dokter ya, dok?
28758 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Perut terasa perih dan mulut pahit paling sering disebabkan oleh gangguan sistem pencernaan, misalnya dispepsia, tukak lambung, atau GERD. Penyebab gangguan sistem pencernaan adalah pola makan yang tidak teratur, atau mengonsumsi sesuatu yang mengiritasi lambung.Jika Anda menderita gangguan sistem pencernaan dan sudah berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, sebaiknya konsumsi obat yang dianjurkan sesuai dosis. Tetapi, pastikan juga Anda melakukan beberapa hal terkait pola makan. Karena, obat apapun yang diberikan akan sia-sia apabila pola makan Anda masih tidak baik.Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Menghindari makanan asam, pedas, dan berminyak
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt atau kimchi
  • Menghindari minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol
  • Cukupi kebutuhan air putih harian
  • Hindari stres, karena stres juga berpengaruh dalam produksi asam lambung
Jika Anda sudah melakukan pola makan di atas, kemungkinan besar penyakit sistem pencernaan yang Anda alami akan jarang kambuh. Jika sesekali kambuh, Anda dapat mengonsumsi bahan alami atau obat untuk menetralkan asam lambung yang dijual bebas, seperti antasida. Atau, Anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter untuk mendapatkan obat-obatan yang lebih keras, dengan dosis yang sesuai.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
asam lambunggerddispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil